2 Juni 2017

Profil

Profile BKD

Sejarah singkat Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu, dahulu bernama Biro Kepegawaian yang berdiri sejak tahun 1968 bersamaan dengan lahirnya Provinsi Bengkulu. Kemudian pada era Otonomi Daerah tahun 2000 sejak dikeluarkannya PP No. 84 Tahun 2000 tentang Organisasi Perangkat Daerah berubah menjadi nama Biro Organisasi dan Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu. Terbit PP No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, sesuai amanat PP No. 41 Tahun 2007 dan Kepres No. 157 Tahun 2007 nomenklatur berubah menjadi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu. Terakhir perubahan nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah diatur dengan PP No. 18 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Bengkulu. Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu dipimpin oleh seorang kepala (eselon II a) dibantu oleh 1 (satu) orang Sekretaris dan 4 (empat) orang Kepala Bidang (Eselon III a) masing-masing Sekretaris dan Kepala Bidang dibantu oleh 3 (tiga) orang Kasubbag/ Kasubbid (eselon IV a).

Visi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu yaitu “Terwujudnya Transformasi Pelayanan Kepegawaian Berbasis Teknologi Informasi menuju Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi Bengkulu yang profesional, disiplin, berbudaya dan berakhlak mulia pada Tahun 2021” Misi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu :
  1. Aparatur Sipil Negara yang berdisiplin tinggi, profesional, berdaya saing dan berbudaya melayani.
  2. Pelayanan yang cepat, mudah, murah dan akurat.
  3. Perencanaan tata kelola manajemen Aparatur Sipil Negara berbasis Teknolog Informasi.
  4. Kerjasama dan koordinasi bidang kepegawaian dengan Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu.
  5. Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu sebagai pusat data kepegawaian yang akurat dan akuntabel
Tujuan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu : Tujuan yang dirumuskan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu dalam melaksanakan manajemen kepegawaian selama kurun waktu lima tahun adalah “Meningkatnya profesionalisme Aparatur”

Sasaran Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu :
  1. Penempatan dan distribusi Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan kebutuhan, dengan indikator :
    • Persentase penempatan pejabatan struktural pemerintah Provinsi Bengkulu berdasarkan kualifikasi pendidikan.
    • Persentase OPD Pemerintah Provinsi Bengkulu yang memiliki jumlah ASN sesuai dengan kebutuhan.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan aparatur berbasis kompetensi, dengan indikator : Persentase ASN yang mengikuti diklat kepemimpinan, diklat teknis dan diklat fungsional
Struktur BKD

Renstra Perubahan BKD Provinsi Bengkulu Tahun 2016 - 2021 merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu ini merupakan langkah awal untuk melaksanakan program kegiatan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu untuk melakukan pengukuran kinerjanya sebagaimana ketentuan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.


Dokument lengkap renstra dapat di unduh pada tautan berikut
Unduh Dokumen

Sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Bengkulu serta Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 66 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

    • Tugas Pokok Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu Badan Kepegawaian Daerah adalah unsur pendukung tugas Gubernur, dipimpin oleh seorang Kepala yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah. Badan Kepegawaian Daerah Provinsi mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah dibidang kepegawaian aparatur daerah.
    • Fungsi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu menyelenggarakan fungsi, sebagai berikut :
      1. perumusan program di bidang kepegawaian sesuai Rencana Strategis Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah;
      2. Penyiapan penyusunan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian sesuai dengan norma, standar dan prosedur;
      3. Perencanaan pengembangan kepegawaian daerah;
      4. Penyiapan kebijakan teknis pengembangan kepegawaian daerah;
      5. penyiapan dan pelaksanaan pengangkatan, kenaikan pangkat, pemindahan, dan pemberhentian ASN;
      6. Pelayanan administrasi kepegawaian dalam pengangkatan, pemindahan mutasi, dan promosi jabatan struktural atau fungsional;
      7. Penyiapan dan penetapan pemberian penghargaan kepada ASN;
      8. Penyiapan dan penetapan pensiun ASN;
      9. Penyiapan penetapan gaji, tunjangan dan kesejahteraan ASN;
      10. Penyelenggaraan administrasi ASN;
      11. Pengelolaan sistem informasi kepegawaian daerah;
      12. Penyampaian informasi kepegawaian daerah ke Badan Kepegawaian Negara.

 

 

Lokasi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu